HUT AMBALAN SOERINGGIT XXXII

SMA n 3 SEMARANG

GANESHA PRAMODHA LAKSANA ADHIDHARMA XVI

Sekretariat: Jalan Pemuda 149 Telepon (024) 3544287 - 3544291

Rabu, 07 April 2010

TEKNIS LOMBA GPLA XVI

1. CTC ( Challenge to Chance )
Peserta : 4 orang tiap sangga
Teknis : CTC merupakan lomba PU/PUK yang dilaksanakan dalam sistem game. Salah satu peserta dari perwakilan tiap sangga bersiap untuk mengambil amplop yang berisi lembar soal dari panitia sedangkan sisanya tetap berada di Daerah Persiapan untuk menunggu pembacaan soal dari panitia. Peserta hanya diberi waktu dua menit untuk mencari amplop. Setelah peluit kedua dibunyikan peserta yang mencari amplop wajib kembali ke daerah persiapan. Bagi sangga yang mendapat amplop berisi lembar jawaban berhak menjawab pertanyaan yang di DIKTE oleh panitia secara cepat. Setelah pembacaan soal selesai peserta diberikan waktu 20 detik untuk mengumpulkan lembar jawaban ke panitia. Bila lebih dari 20 detik dianggap gugur. CTC akan dilakukan dalam 3 sesi, tiap sesi berisi satukali perebutan dan pembacaan soal.
CTC sesi 1 : Pembacaan soal nomor 1-15
CTC sesi 2 : Pembacaan soal nomor 16-30
CTC sesi 3 : Pembacaan soal nomor 31-45

2. LCT ( Lomba Cepat Tepat )
Peserta : 5 orang sangga Pa dan 5 orang sangga Pi
Teknis : Peserta akan diberi pertanyaan seputar PU/PUK dan AD/ART. PU diambil dari berita dimulai sejak tanggal 01-01-2010. LCT dilaksanakan dalam 3 tahap. Pertanyaan wajib 5 soal, lemparan 5 soal, dan rebutan 25 soal. Pada sesi rebutan peserta akan diberikan sebuah bel untuk menjawab pertanyaan. Peserta dibolehkan menjawab setelah bel dibunyikan dan dipersilakan menjawab oleh panitia. Peserta hanya diberikan satu kali kesempatan untuk menjawab tiap soal makan bila dalam satu soal ada sangga yang telah menjawab dan salah maka sangga tersebut tidak boleh menjawab lagi dalam soal tersebt. Waktu untuk berpikir untuk soal pada semua tahap maksimal 10 detik. Bila lebih dari itu soal akan hangus atau dilempar.

3. SA (Soeringgit Adventure)
Peserta : 6 orang tiap sangga
Teknis : Peserta akan melaksanakan 'Tracking' sekitar daerah SMA N 3 Semarang. Dalam 'Tracking' peserta akan melewati 4 pos berisi tugas yang harus diselesaikan.
Materi Pos dalam Soeringgit Adventure :
a. Sandi
Peserta diharuskan menjawab sandi yang disiapkan panitia.
b. P3K + Dragbar (Praktek)
Peserta membawa sendiri dragbar dan perkap P3K.
NB : Dragbar dibuat dengan tali (dragbar dibuat di tempat)
Aspek penilaian dragbar :
- Ketepatan ikatan : max 50 poin
- Kekuatan : max 30 poin
- Kerapian : max 20 poin
Aspek penilaian P3K
- Teknik P3K : max 70 poin
- Presentasi : max 30 poin
c. Halang Rintang
Peserta akan melakukan evakuasi korban menggunakan dragbar.
Aspek penilaian :
- Teknik membawa korban : max 50 poin
- Kecepatan : max 30 poin
- Kerjasama : max 20 poin
d. Games
Akan diberitahukan di lapangan. Aspek yang dinilai adalah kecepatan.

4. KD (Kesenian Daerah)
Peserta : 6-10 orang tiap pangkalan
Waktu : 3 menit
Peserta : Peserta menampilkan kesenian daerahnya berupa NON-DRAMA atau berlatar belakang musik. Peserta menyediakan alat keseniannya sendiri. Panitia hanya menyediakan mic, tape kaset dan speaker. Peserta yang menggunakan persiapan khusus (kaset, dll) harap menghubungi panitia 10 menit sebelum tampil.
Aspek penilaian
a. Nilai seni : max 20 poin
b. Kreativitas : max 25 poin
c. Penampilan : max 30 poin
d. Ketepatan tema : max 25 poin

5. 3on3 Basketball
Peserta : 3 orang tiap sangga
Waktu : Penyisihan 2 x 3 menit
Perempat Final 2 x 4 menit
Final 2 x 5 menit
Teknis : 3on3 dilaksanakan menggunakan setengah lapangan basket dengan durasi di atas. Sistem yang digunakan adalah sistem gugur. Bila dalam satu babak terjadi seri maka akan diulangi satu babak. Pemain 3on3 akan dilaksanakan dengan peraturan basket biasa. Juara 3on3 tidak akan diakumulasikan untuk juara Pa, Pi dan juara umum. Juara 3on3 akan dimasukkan ke dalam juara 3on3.

6. Re-Use
Peserta : 3 orang tiap sangga
Waktu : 30 menit
Teknis : Peserta membuat barang teknologi tepat guna dengan bahan dasar RE-USE (barang bekas, plastik bekas, botol bekas, dsb). Komposisi bahan dasar RE-USE minimal 50%. Peserta diharuskan membawa makalah + foto/sketsa jadi barang RE-USE dan makalah tentang barang yang akan dibuat. Peserta dipersilahkan membawa barang hasil RE-USE setangah jadi.
Peluit pertama tanda waktu pengerjaan dimulai
Peluit kedua waktu tinggal 10 menit
Peluit ketiga tanda waktu berakhir
Aspek penilaian :
- Kreativitas bentuk : max 30 poin
- Kerapian : max 15 poin
- Nilai guna : max 35 poin
- Ketepatan Makalah : max 20 poin

7. Cooking 149
Peserta : 3 orang tiap sangga
Waktu : 60 menit
Teknis : Peserta membuat masakan dengan bahan dasar jagung. Peserta tidak dibolehkan membawa bahan makanan yang sudah diolah. Peserta hanya dibolehkan membawa makanan mentah. Peserta menyediakan peralatan meamasaknya sendiri dan panitia hanya menyediakan air dan tempat memasak. Peserta harus membawa makalah tentang apa yang dimasak.
Peluit pertama tanda waktu pengerjaan dimulai
Peluit kedua waktu tinggal sepuluh menit
Peluit ketiga tanda waktu berakhir
Aspek penilaian :
a. Rasa : max 25 poin
b. Penampilan : max 20 poin
c. Tingkat kesulitan : max 25 poin
d. Kebersihan dapur : max 10 poin
e. Ketepatan makalah : max 20 poin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar